SEBUAH PROSES SEDERHANA UNTUK KREATIVITAS – – DO IT

· CREATIVE THINKING
Penulis

SEBUAH PROSES SEDERHANA UNTUK KREATIVITAS – – DO IT

Kreatifitas adalah cara mengapresiasikan diri kita terhadap suatu masalah,  dengan menggunakan berbagai cara yang datang secara spontanitas yang merupakan hasil dari pemikiran kita. Kreatif adalah sebuah kata sifat untuk menggambarkan sesuatu yang dari tidak ada menjadi ada, dari bahan mentah menjadi bahan jadi, dari sesuatu yang tidak berbentuk menjadi sesuatu yang indah, atau bahkan dari sesuatu yang tidak terpikirkan orang menjadi sesuatu, yang bermanfaat buat orang.

Salah satu proses kreativitas adalah “DO IT “ . Proses ini membantu Anda untuk mendapatkan yang terbaik untuk salah satu dari banyak teknik-teknik kreativitas. DO IT ditemukan oleh Robert W Olsen dalam bukunya ‘The Art of Creative Thinking’ .

DO IT adalah proses terstruktur untuk kreativitas. Menggunakakan DO IT memastikan bahwa Anda melaksanakan dasar penting yang membantu Anda untk mendapatkan hasil maksimal dari alat kreativitas.

DO IT adalah singkatan yang berdiri untuk:

D – Menentukan masalah = Define Problem
O – Bukalah pikiran dan terapkan teknik-teknik kreatif = Open mind and apply creative

technique
I  –  Identifikasi solusi terbaik = identify best solution
T –Transform= Mengubah

Tahap-tahap ini dijelaskan secara lebih rinci untuk tehni DO IT seperti di bawah ini:

1. Menentukan Masalah/Define problem

Langkah-langkah berikut akan membantu Anda untuk melakukan hal ini:

  • Periksa bahwa Anda mengatasi masalah, bukan gejala dari masalah. Untuk melakukan ini, tanyakan pada diri sendiri mengapa masalah tersebut timbul berulang kali sampai Anda mendapatkan akar itu.
  • Lay out batas-batas masalah. Tentukan tujuan yang Anda harus mencapai dan kendala-kendala yang anda beroperasi di bawah.
  • Dimana masalah tampaknya sangat besar, memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
  • Ringkaskan masalah seringkas mungkin.

2. Open Mind and appli creative technique

Setelah Anda mengetahui masalah yang Anda ingin untuk memecahkan, Anda siap untuk mulai menghasilkan solusi yang mungkin. Hal ini sangat menggoda hanya untuk menerima ide yang baik pertama yang Anda jumpai. Jika Anda melakukan ini, Anda akan kehilangan banyak solusi yang lebih baik.

Pada tahap ini di coba untuk menghasilkan ide-ide yang berbeda sebanyak mungkin. Bahkan ide-ide buruk mungkin merupakan hal yang baik.

Anda dapat menggunakan baterai kreativitas seluruh teknik yang tercakup di awal bagian ini untuk mencari solusi yang mungkin. Setiap alat memiliki kekuatan dan manfaat tertentu, tergantung pada masalah yang Anda ingin untuk memecahkannya. Ketika Anda menghasilkan solusi, ingat bahwa orang lain akan memiliki perspektif yang berbeda pada masalah, dan itu hampir pasti akan layak meminta pendapat dari rekan Anda sebagai bagian dari proses ini.

3. Identifikasi Solusi Terbaik

Hanya pada tahap ini Anda memilih yang terbaik dari ide-ide yang  telah dihasilkan. Anda bisa  meneliti dan mengembangkan sejumlah ide-ide secara detail sebelum Anda pilih salah satu.

Melalui “tehnik pembuatan keputusan” dapat menjelaskannya dengan baik.

Keputusan Tree Analysis (Decision Tree Analysis) dan Force Field Analysis sangat berguna dalam hal ini. Ini akan membantu Anda untuk memilih antara solusi yang tersedia untuk Anda.

4. Transform=MEngubah

Setelah mengidentifikasi masalah dan menciptakan solusi untuk itu, tahap akhir adalah untuk mengimplementasikan solusi ini. Hal ini melibatkan tidak hanya pengembangan produk handal dari ide Anda, tetapi semua sisi pemasaran dan bisnis juga. Ini mungkin memerlukan banyak waktu dan energi.

Banyak orang yang sangat kreatif gagal pada tahap ini. Mereka akan bersenang-senang menciptakan produk dan layanan baru yang mungkin tahun ke depan dari apa yang tersedia di pasar. Mereka kemudian akan gagal untuk mengembangkan mereka, dan melihat orang lain membuat uang keluar dari ide beberapa tahun kemudian.

Tahap pertama dalam mengubah ide adalah untuk mengembangkan Rencana Aksi bagi transformasi. Hal ini dapat menyebabkan terciptanya Marketing Plan Bisnis. Setelah Anda melakukan ini, kerja dari pelaksanaan dimulai!

Langkah-langkah DO IT sbb :

  1. Define problem/tentukan masalah : Selama tahap ini Anda menerapkan sejumlah teknik untuk memastikan bahwa Anda mengajukan pertanyaan yang tepat.
  2. Buka Pikiran: Di sini Anda menerapkan teknik-teknik kreativitas untuk menghasilkan sebagai jawaban sebanyak mungkin untuk pertanyaan yang Anda minta. Pada tahap ini anda tidak mengevaluasi jawaban.
  3. Mengidentifikasi solusi terbaik: Hanya pada tahap ini Anda memilih solusi terbaik dari yang Anda datang dengan pada langkah 2. Di mana Anda mengalami kesulitan dalam memilih ide-ide, menggunakan teknik formal untuk membantu.
  4. Transformasi: Tahap terakhir adalah untuk membuat Rencana Aksi untuk implementasi solusi, dan untuk melaksanakannya. Tanpa implementasi, kreativitas Anda adalah steril.
Sumber : -Robert W Olsen : ‘The Art of Creative Thinking’
-http://crtv.co.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: